Dengarkan Musik Ini! Rindik Bikin Kamu Berasa Ada di Bali

Bali. Ayo ngaku, siapa yang belum pernah mendatangi lokasi ini? Pasti hampir semua pernah berkunjung ke sini. Yups. Bali dengan segudang destinasi wisata seperti panorama alam, pura (Tempat ibadah umat Hindu), desa-desa unik, atraksi seni budaya, serta destinasi lainnya, sudah lama menjadi pilihan bagi para pelancong yang ingin menghabiskan liburannya.

Nah, bagi yang liburnya masih luamaa, apa nggak kebelet tuh pengen ke Bali? Jangan sampai stres lho nunggu liburnya. Wkwk. Kalau kamu udah pengen ke Bali, tapi masih belum kesampaian, gampang sekali. Coba dengar dulu musik yang satu ini!

IMG-20171113-WA0037[1]

Alat musik tradisional Rindik Bali. (Foto: Agung Indi)

Alat musik satu ini sudah melekat di ingatan para mahluk bumi (Lebay, hahaha). Coba saja kamu dengarkan sekali saja. Kamu pasti langsung bisa menebak kalau alunan musik itu berasal dari Bali. Alat musik ini dinamakan rindik. Terbuat dari bambu, dan suaranya bakalan membuatmu merasa nyaman dan tenang.

Jadi, buat yang suntuk menghabiskan lama waktu liburannya, apalagi gak kesampaian pengen pergi ke Bali, nggak ada salahnya kamu dengarkan musik rindik dulu. Selain jadi kangen Bali, kamu juga bakal direlaksasi oleh suara bambunya. Nggak percaya? Nih, dengerin dulu videonya di bawah ini.


Kalau udah dengerin suara bambu yang asalnya dari alam, emang bikin adem ya! Apalagi kalau bambu itu dijadikan alunan lagu. Udah ngerasa rileks lum dengerin suaranya? Kalau belum, coba dengerin lagi 😀 atau search di Youtube dengan kata kunci musik rindik. Ada buanyaakk, dan kamu bisa memilihnya.

By the way, aku mau jelasin sedikit tentang alat musik ini. Rindik terbuat dari bambu yang bernada selendro, terbuat dari bambu, dan menggunakan dasar lima nada dalam setiap oktafnya. Biasanya rindik terdiri dari dua oktaf atau 11 bambu bulat. Rindik dimainkan dengan cara dipukul menggunakan dua alat pemukul yang disebut panggul. Ada juga yang bahkan bisa memainkan tiga alat pemukul sekaligus.

Ada banyak perajin yang membuat rindik di Bali. Cukup banyak. Tapi perajin rindik yang inovatif, sangat jarang ditemui. Beruntung aku bisa tahu siapa perajin inovatif itu. Dialah Gusti Rai. Seorang sarjana teknik yang sangat ingin mengembangkan rindik. Buat kamu-kamu semua bisa menikmati karya beliau di channel Youtube dengan kata kunci “Rindik Bambu Bali”.

20171109_105229[1]
Gusti Rai, pencipta Rindik bertingkat. (Foto: Agung Indi)
Apa sih karya inovatifnya? Dengan memadukan seni dan ilmu teknik, pria asal Banjar Santi, Desa Selat, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Bali ini berhasil menciptakan rindik bertingkat dua dan bertingkat tiga. Satu-satunya di Bali lho, dan bahkan karyanya telah memiliki hak cipta.

Terus, apa kelebihannya? Jadi gini. Umumnya rindik dimainkan oleh dua orang yang masing-masing memiliki peran memainkan alat musiknya sendiri. Ya semacam basis dan melodi gitu deh. Nah, rindik bertingkat dua yang dibuat oleh Gusti Rai ini berbeda. Ia menggabungkan dua alat musik rindik itu menjadi satu dan hanya dimainkan oleh satu orang saja.

Jadi satu orang itu bisa memainkan dua rindik sekaligus karena. Suara ketukan bambu yang dibuat bertingkat itu menghasilkan nada suara yang harmonis dan nyambung. Di sinilah tantangannya. Nih gambarannya di bawah ini.

IMG-20171113-WA0039[1]
Rindik bertingkat dua. (Foto: Agung Indi)
Bentuk rindik bertingkat ini terdiri dari dua buah rindik. Satu rindik pada bagian atas dipasang terbalik. Sehingga ketika memainkan sebuah lagu, satu pukulan akan mengenai rindik bagian bawah dan atas. Tinggal bagaimana menyesuaikan lagu dan ketukannya sehingga terdengar menyatu dalam satu lagu.

Rindik bertingkat tiga juga sama. Bentuknya menyerupai rindik bertingkat dua. Bedanya rindik tingkat tiga dipasang menghadap ke atas. Seperti gambar di bawah ini.

IMG-20171113-WA0029[1]
Rindik bertingkat tiga. (Foto: Agung Indi)
So, saatnya kamu dengerin lagu-lagu rindik deh. Dijamin kamu pasti rileks. Apalagi kalau kamu bisa belajar di Bali dan memainkannya sendiri di rumah. Udahlah. Jadwalin saja liburanmu dan masukkan rindik Bali sebagai daftar kunjungan. Liburanmu pasti lebih bermakna. Ayo buruan liburan ke Bali, dan mainkan rindikmu 🙂

Iklan